Latest Posts:

Urgensi Kaderisasi Dakwah Sekolah, CEO Note




“Sesungguhnya Allah menyukai orang yang berperang dijalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh” 
(Q.S. Ash-Shaff : 4) 

Ketika itu kami menjadi pengarah pengurus Rohis IKRAMAL SMAN 3 Makassar. Selain LDKI(Latihan Dasar Kepemimpinan Islam) yang merupakn pintu pengkaderan rohis juga ada kegiatan LPJ (Laporan pertanggung jawaban) yang akan diadakan, maka butuh kerja ekstra untuk mengarahkan rohis yang masa-masa transisi seperti ini. Maka tepatnya tanggal 2 nov 2015 Pengurus IKRAMAL 2014/2015 telah menjalankan LPJ dan dilakukan regenerasi dakwah dengan menujuk ketua baru. 

Memang beberapa bulan ini ada banyak rohis yang melakukan pergantian ketua rohis karena kakak kelas tiga kini harus menyerahkan kepengurusan dengan adik-adik kelas 2 dan 1. Suatu rohis atau secara umum lembaga dakwah haruslah memperhatikan kelanjutan dakwah atau Sistem Kaderisasi. ini sangat penting mengingat tantangan dakwah kian beragam. 

Proses kaderisasi merupakan hal yang sangat penting dalam dakwah sekolah. Kaderisasi mempunyai fungsi produksi dan regenerasi. Proses kaderisasi dalam dakwah yang baik akan memproduksi dan mencetak kader yang baik pula. Secara kualitas dan kuantitas mempunyai kekuatan yang dapat mewujudkan visi dan misi dakwah. Karena pengkaderan tidak hanya berkaitan dengan perekrutan anggota saja tapi di samping itu perlu ada konsepan dalam pola pembinaan anggota baru sehingga menjadi anggota bagus yang siap diberi amanah dimanapun. Proses kaderisasi dakwah sekolah harus mampu membentukan pemikiran, kepribadian, dan perilaku islami yang diharapkan.

Proses kaderisasi merupakan tugas mulia yang tidak mudah dan bukan suatu persoalan yang sederhana. Maka dibutuhkan kinerja bersama untuk mewujudkan regenerasi tangguh itu dengan berbagai pihak yang ada di dalam organisasi tersebut dan dibutuhkan mekanisme yang baik dalam rangka mencetak output kader yang diharapkan yakni mempunyai iltizam terhadap dakwah.


Pengkaderan adalah sebagai ruh dari organisasi dan menjadi sarana regenarasi. Disinilah dibutuhkan ilmu manajemen organisasi, hal ini penting untuk menjaga agar kaderisasi tetap berlangsung. Jika manajemen organisasinya lumpuh maka hampur dapat dipastikan kaderisasinya juga akan lumpuh.

Setelah kita melakukan apa yang kita katakan lalu direncanakan dengan rapi maka selanjutnya peran pemimpinlah yang menentukan. Kaderisasi yang sukses tidak lepas dari peran pemimpin yang menjalankan tugas dengan baik. Itulah beberapa kiat yang Rasulullah lakukan dalam melakukan kaderisasi hingga meluasnya islam di seluruh dunia.

Jadi, jika kita integrasikan sistem kaderisasi Rohis Sekolah dengan sistem kaderisasi Rasulullah maka kaderisasi akan terus berjalan dan berkembang. Selanjutnya bila kaderisasi Rasulullah ini dibawa dan diterapkan dalam masyarakat maka akan tercipta masyarakat madani. Karena kita tidak akan kehabisan stok orang-orang hebat, terlatih, ter-tarbiyah dan terkader dengan baik. 

CATATAN CEO RUMAH ROHIS DOT COM
Share on Google Plus

Tentang Abid Fauzan

Rumahrohis.com adalah Website yang mewadahi informasi kegiatan FK2PI dan Rohis binaan kegiatan keislaman.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar